Return to Profil

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN STIA BAYUANGGA PROBOLINGGO

Visi       :    “Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi yang memiliki keunggulan kompetitif dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia sesuai dengan kebutuhan pengguna pada tahun 2020.”

Keunggulan yang dimaksud dalam visi adalah STIA BAYUANGGA Probolinggo yang mempunyai kekuatan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi, pengelolaan kelembagaan dan unsur penunjang lainnya di bidang administrasi.

Kompetitif yang dimaksud dalam visi adalah STIA BAYUANGGA Probolinggo memiliki daya saing dalam bidang administrasi.

Kebutuhan Pengguna yang dimaksud adalah STIA BAYUANGGA Probolinggo mampu memenuhi keinginan dari pengguna yang sudah berbasis teknologi informasi.

Misi       :    1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran di bidang administrasi yang memiliki keunggulan kompetitif  yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (IT) dengan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai dengan kebutuhan pengguna (stakeholders).

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di bidang administrasi yang unggul dan bermanfaat dalam kerangka pengembangan bidang administrasi yang dapat digunakan sebagai bahan ajar di perkuliahan.
  2. Menyelenggarakan, dan memperluas pengabdian kepada masyarakat di bidang administrasi untuk kesejahteraan masyarakat yang dapat digunakan sebagai bahan ajar di perkuliahan.
  3. Melaksanakan Tata Kelola Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi yang efektif, efisien, akuntabel dan berkelanjutan.
  4. Menjalin Kerjasama yang berkesinambungan dengan berbagai instansi yang terkait dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang administrasi.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan memiliki kesiapan dalam hal :
  2. Bekerja secara profesional dalam bidang administrasi.
  3. Berperan aktif dalam masyarakat sesuai dengan kapasitas ilmu administrasi yang dimilikinya
  4. Dapat mengimplementasikan ilmu administrasi yang dimiliki sehingga dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan Negara
  5. Dapat mempunyai sikap dan perilaku yang berorientasi pada kecakapan interpersonal, wawasan global, komunikasi efektif, mandiri, kreatif, dan inovatif.
  6. Dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di bidang administrasi.
  7. Melaksanakan kegiatan penelitian yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang administrasi dalam upaya memberikan sumbangsih demi kemajuan bangsa dan Negara yang dapat digunakan sebagai bahan ajar di perkuliahan.
  8. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai pengembangan dalam kajian administrasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dapat digunakan sebagai bahan ajar di perkuliahan.

Sasaran dan strategi pencapaiannya

  1. Menghasilkan lulusan bidang Ilmu administrasi yang memiliki keunggulan kompetitif sesuai dengan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan kebutuhan pemangku kepentingan serta memiliki jiwa nasionalisme yang tangguh yang mampu melaksanakan tridarma perguruan tinggi pada tahun akademik 2016/2017 yang tepat waktu dan mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ≥ 3,00.
  2. Menghasilkan dan mengembangkan kurikulum maksimal dalam 5 tahun sekali dalm bidang ilmu administrasi yang menyediakan mata kuliah unggulan dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mengikut perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.
  3. Menghasilkan 1 penelitian per tahun untuk setiap dosen dan 1 pengabdian kepada masyarakat per tahun untuk setiap dosen dalam bidang ilmu administrasi yang berguna bagi penerapan ilmu dan teknologi bidang ilmu administrasi yang hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dipublikasikan pada jurnal tidak terakreditasi, jurnal terakreditasi, jurnal internasional, seminar nasional dan seminar internasional sejak tahun 2016.
  4. Membuat standar operasional prosedur STIA “BAYUANGGA” Probolinggo pada tahun 2016 untuk akuntabilitas dalam pembinaan program studi, peningkatan kualitas berkesinambungan dan evaluasi dalam segala aspek kegiatan yang implementasinya dievaluasi dan ditindaklanjuti setiap semester.
  5. Membuat standar operasional prosedur STIA “BAYUANGGA” Probolinggo pada tahun 2016 dalam pelaksanaan kepemimpinan yang partisipatif – demokratik dalam semangat kebersamaan dan kemitraan dalam berbagai bentuk kegiatan yang setiap pelaksanaannya dievaluasi dan ditindaklanjuti setiap semester.
  6. Membuat standar operasional prosedur STIA “BAYUANGGA” Probolinggo pada tahun 2016 untuk sistem kerja/organisasi kerja kelembagaan yang profesional yang memungkinkan tumbuhnya kemandirian dan fleksibilitas agar tercapai efektivitas dan efisiensi kinerja Program Studi yang setiap pelaksanaannya dievaluasi dan ditindaklanjuti setiap semester.
  7. Merencanakan dan melengkapi prasarana dan sarana secara bertahap setiap tahun untuk mencapai kompetensi lulusan STIA “BAYUANGGA” Probolinggo sesuai kebutuhan dan perkembangan di masa mendatang.
  8. Membentuk lembaga penjamin mutu pada tingkat STIA “BAYUANGGA” Probolinggo pada tahun 2016 untuk menjalankan pengendalian mutu internal dan eksternal, layanan serta kualitas lulusan.
  9. Membangun kerjasama STIA “BAYUANGGA” Probolinggo dengan berbagai lembaga baik secara internal maupun eksternal yang setiap tahuns dalam rangka memperkuat jaringan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  10. Membuat aturan-aturan yang mendorong suasana akademis STIA “BAYUANGGA” Probolinggo yang sehat pada tahun 2016 agar terjadi peningkatan kinerja sehingga kontribusi ketiga aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi lebih berbobot akademik.

 

Untuk mencapai sasaran pada tahun 2020, maka STIA “BAYUANGGA” Probolinggo menetapkan strategi yaitu:

  1. Menerapkan kurikulum sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan kebutuhan pemangku kepentingan yang memiliki keunggulan kompetitif dan memiliki jiwa nasionalisme yang tangguh yang mampu melaksanakan tridarma perguruan tinggi pada tahun akademik 2016/2017 yang tepat waktu dan mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ≥ 3,00.
  2. Meninjau kurikulum semua Program Studi yang ada di STIA “BAYUANGGA” Probolinggo maksimal setiap 5 tahun sekali yang menyediakan mata kuliah unggulan dengan memperhatikan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan pengguna lulusan.
  3. Melakukan pelatihan setiap tahun sejak tahun 2016 untuk pembuatan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang layak jual bagi dosen-dosen STIA “BAYUANGGA” Probolinggo untuk mendapatkan hibah-hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari Kemenristek dan Dikti.
  4. Setiap tahun, STIA “BAYUANGGA” Probolinggo mendanai dosen-dosen yang belum mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta STIA “BAYUANGGA” Probolinggo mencari sumber dana lain untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya sumber dana dari STIA “BAYUANGGA” Probolinggo dan sumber dana lain maka 1 penelitian dan 1 pengabdian kepada masyarakat per tahun untuk setiap dosen dapat tercapai.
  5. STIA “BAYUANGGA” Probolinggo melakukan pelatihan penulisan dan publikasi ilmiah secara berkala setiap tahun sejak tahun 2016 agar dosen-dosen dapat mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di jurnal tidak terakreditasi, jurnal terakreditasi, dan seminar nasional.
  6. Melaksanakan dan mengevaluasi standar operasional prosedur yang telah ditetapkan STIA “BAYUANGGA” Probolinggo pada tahun 2016 untuk akuntabilitas dalam pembinaan program studi, peningkatan kualitas berkesinambungan dan evaluasi dalam segala aspek kegiatan.
  7. Melaksanakan dan mengevaluasi standar operasional prosedur STIA “BAYUANGGA” Probolinggo yang telah ditetapkan pada tahun 2016 dalam pelaksanaan kepemimpinan yang parsipatif – demokratik dalam semangat kebersamaan dan kemitraan dalam berbagai bentuk kegiatan.
  8. Melaksanakan dan mengevaluasi standar operasional prosedur STIA “BAYUANGGA” Probolinggo yang telah ditetapkan pada tahun 2016 untuk sistem organisasi kerja kelembagaan yang profesional yang memungkinkan tumbuhnya kemandirian dan fleksibilitas agar tercapai efektivitas dan efisiensi kinerja institusi.
  9. Memperbaharui prasarana dan sarana STIA “BAYUANGGA” Probolinggo secara bertahap setiap tahun untuk mencapai kompetensi lulusan sesuai kebutuhan dan perkembangan di masa mendatang.
  10. Melaksanakan dan mengevaluasi penjaminan mutu internal STIA “BAYUANGGA” Probolinggo dan layanan kepada mahasiswa setiap semester dan melaksanakan penjaminan mutu eksternal semua program studi yang ada di STIA “BAYUANGGA” Probolinggo ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) paling lama dalam 5 tahun sekali.
  11. Melaksanakan, mengevaluasi, dan menambah kerjasama STIA “BAYUANGGA” Probolinggo dengan berbagai lembaga baik secara internal maupun eksternal setiap tahun dalam rangka memperkuat jaringan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  12. Melaksanakan, mengevaluasi dan menambah aturan-aturan STIA “BAYUANGGA” Probolinggo yang mendorong suasana akademis yang sehat setiap tahun agar terjadi peningkatan kinerja sehingga kontribusi ketiga aspek Tridharma Perguruan Tinggi lebih berbobot akademik.
  13. Bekerja sama dengan perguruan tinggi lain, khususnya untuk membangun kerja sama antar kampus lain dalam mewujudkan jalinan komunikasi setiap tahun.
  14. Ikut aktif dalam pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi lain dan instansi/lembaga terkait dalam upaya meningkatkan kerjasama setiap tahun.